Electric Scooter for Kids Dayton Ohio

Electric Scooter for Kids Dayton Ohio

Geografi Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional, longsor adalah fenomena alam yang paling banyak menelan korban jiwa dibandingkan bencana lainnya jika dihitung secara total. Faktor yang memengaruhinya adalah …..

Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional, longsor adalah fenomena alam yang paling banyak menelan korban jiwa dibandingkan bencana lainnya jika dihitung secara total. Faktor yang memengaruhinya adalah …..

Banyaknya korban jiwa yang ada saat longsor yaitu pemukiman masyarakat yang juga banyak dibangun disekitar lereng, sehingga saat longsor terjadi, banyak rumah yang tertimbun tanah dan  bebatuan besar sehingga korban jiwa pun bermunculan. Lalu, peristiwa tanah longsor juga tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi, Oleh karena itu, sering sekali terlambat saat mengetahui longsor terjadi, apalagi faktor penyebab longsor kebanyakan karena curah hujan yang tinggi dan ini faktor yang tidak dapat dihentikan.

Pembahasan

Negara Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng dunia yaitu lempeng Eurasia, Pasifik, dan Australia yang bergerak saling menumbuk. Hal ini lah yang menyebabkan, Indonesia memiliki banyak pegunungan, lipatan, patahan, dan sebagainya. Sehingga rentan dengan kejadian gempa bumi, gubung meletus maupun stunami.

Salah satu kejadian alam yang sering terjadi yaitu longsor yang bahkan disebutkan sebagai kejadian alam yang paling banyak memakan korban jiwa. Faktor penyebab longsor:

  • Membuka lahan pertanian di derah lereng

Masyarakat saat ini sering melakukan hal ceroboh dengan tidak memikirkan hal buruk yang terjadi kedepannya. Saat melihat lahan kosong dilereng, maka berinisiatif ingin membuka lahan pertanian dengan menebang pohon-pohon besar. Padahal, akar dari pohon besar mampu menahan tanah agar turun, berbeda dengan tanaman pertanian. Oleh karena itu, tidak ada lagi penahan tanah agar tidak jatuh saat terjadinya hujan deras dan getaran.

  • Curah hujan

Indonesia merupakan negara dengan 2 musim, yaitu penghujan dan panas. Jadi tidak heran, jika diindonesia pada bulan tertentu akan sering mengalami curah hujan yang tinggi. Namun, curah hujan yang tinggi didaerah lereng juga dapat membawa tanah ataupun bebatuan turun dari lereng dan mengenai pemukian dibagian bawah. Namun, hujan tidak bisa dihentikan karna ini merupakan peristiwa alam

  • Getaran pada tanah

Karena indonesia juga terletak pada lintasan lempeng, maka rawan mengalami getaran pada tanah seperti gempa bumi. Hal ini juga dapat memacu terjadinya longsor.

Berdasarkan penjelasan diatas, banyaknya korban jiwa yang ada saat longsor yaitu pemukiman masyarakat yang juga banyak dibangun disekitar lereng, sehingga saat longsor terjadi, banyak rumah yang tertimbun tanah dan  bebatuan besar sehingga korban jiwa pun bermunculan. Lalu, peristiwa tanah longsor juga tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi, Oleh karena itu, sering sekali terlambat saat mengetahui longsor terjadi, apalagi faktor penyebab longsor kebanyakan karena curah hujan yang tinggi dan ini faktor yang tidak dapat dihentikan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang soal peristiwa alam brainly.co.id/tugas/50800492

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]